Google

Senin, 26 November 2007

Setting Modem CDMA

Oleh annamcco@gmail.com



Kebetulan lagi pengen sharing nih tentang setting modem CDMA, soalnya selain banyak yang nanya juga buat banyak2in artikel di situs pribadi. Ok kan?



Langsung aja …pertama yang harus disiapin :

1. Hp CDMA yang bisa dijadiin modem + driver modemnya, kalo gw pake nokia 6585.
2. Kartu SIMnya juga ya, percuma kalo hp doang ga ada kartuny…hehehehe…buat contoh gw pake flexi.
3. kabel data + drivernya, biasanya kalo kita beli kabel data dah lengkap ma drivernya dan petunjuk setting modem cdmanya juga…..jadi gw nyontek2 dikit buat bikin artikel ini J. Kabel data yang dipake dku-5 dengan drivernya Nokia PC suite. Buat informasi aja harga kabel data waktu gw beli 75rb tp gw tawar jd 50rb.



Nih gw share petunjuk settingnya buat seluruh modem CDMA dari CD sama driver modem nokia 6585 disini. Oh iya gw kelupaan, jangan lupa siapin juga komputernya ma pulsa yang banyak di kartunya, soalnya percuma aja kalo ada 3 komponen di atas tapi ga ada komputer ma pulsa … tetep aja kagak bisa ngenet……..hehhehee.



Langkah kedua adalah install semua driver ke PC. Driver kabel data dan driver modem Hp CDMAnya. Driver kabel berarti install Nokia PC suite, seperti biasa tinggal next2 aja. Kalo driver modemnya install lewat tahapan berikut:

1. Buka Control panel > Phone and modem
2. Pilih tab modem > add > Have Disk > browse. Pilih file driver modemnya.
3. Open filenya > klik ok, akan muncul sperti gambar dibawah ini. Pilih 1X3G Paket Modem Data>klik next
4. Selanjutnya kita akan memilih port buat koneksi hp nya.
5. Pilih selected ports trus pilih port yang ada dikolom bawahnya., buat contoh ini port COM4. Tapi lihat dulu COM4 dah digunakan apa belum. Kita cek di Device manager
Cara ubah portnya, klik kanan di COM4 trus pilih properties > klik tab port settings > advance > pilih aja port yang lagi ga dipake (bukan in use) > OK
6. Kembali ke no 4, setelah com4 dipilih klik next sampai terinstal. Selesai dech install driver modemnya.

Langkah ketiga, setelah install driver buat new connection lewat network connection di control panel. Nah langkah ketiga ini bisa dilihat di petunjuk setting modem cdma disini untuk lebih jelasnya. Kemudian buat icon seperti dibawah ini :



Langkah keempat, sambungkan seluruh peralatan yang tadi, hp – kabel data – komputer. Biasanya kalo pake extended port usb suka kagak kedetect. Jadi colokin aja ke port usb yang di belakang komputer…..hehehehe.




Dan ada info di taskbar seperti ini

Tapi sepertinya akan muncul informasi seperti ini di layar :



Bener ga? Ahahahhaha. Kalo bener berarti kita buka lagi nokia PC suitenya, trus klik pada manage connection. Akan muncul seperti berikut.






Pilih serial cable (dku 5) > click configure. Akan muncul :


Pada gambar contoh di atas akan tampil profilic usb..... pada port com2. tapi kalo ikutin langkah diatas yang kita pilih com4, berarti profilic usb ..... pada com4. Communication portnya pada com1.



Jadi kalo kita mo konek ke internet harus kita pilih yang communication port, kalo mo konek ke hpnya buat liat2 isi hp, kita pilih yang profilic usb…..



Karena kita mo konek ke internet berarti ubah ke Communication Port.





Kemudian klik ok, maka di task bar akan muncul informasi



Kalo sudah seperti ini, kita coba lagi double clik icon flexi dan dial. Konek dech......



Kalo belum konek juga troubleshoot sendiri ya.....ehhehehehehe.


0 komentar: